الرحمن الرحيم بسم
الله
v
PENGERTIAN
Random number
adalah Angka yang dipilih dari set angka
tertentu dengan cara sedemikian sehingga setiap angka yang muncul memiliki
probabilitas kemunculan yang sama.
Ø
teknik memunculkan angka atau karakter secara acak di C# yaitu :
Kemudian akan diubah
menjadi seperti ini.
Dibuat sebuah array of string yang nantinya tiap data yang ada di index
akan ditampilkan. Kemudian membuat
sebuah objek dari class random. Setelah itu membuat sebuah variabel integer yang berguna
untuk menyimpan angka yang diacak. Kemudian di dalam statement perulangan,
variabel j di-assign dengan random.Next(0,9); yang berfungsi mengacak angka
dari 0 hingga 9. Lalu tekan F5 dan hasilnya akan seperti ini.
Dalam pemrograman
Visual C# .Net, memungkinkan untuk melakukan generate angka acak(random
numbers) dengan menggunakan Random Class.
Berikut ini cara contoh
menggunakan Random Class di Visual C# .Net :
Dan hasil dari code diatas seperti sebagai berikut :
Ø
Cara Tabel bilangan random
•Menggunakan
tabel bilangan random (acak), yaitu suatu tabel yang terdiri dari
bilangan-bilangan yang tidak berurutan.
•Secara
prinsip, pemakaiannya adalah dengan memberi nomor pada setiap anggota populasi
dalam suatu daftar (sample frame).
•Selanjutnya
dipergunakan jumlah digit pada tabel acak dengan digit populasi.
•Pilih salah
satu nomor dengan acak, gunakan dua digit terakhirnya,cocokkan dengan nomor
pada sample frame.
•Jika ada yang sama, maka data pada sample frame
diambil sebagai anggota sampel.
RANDOM
NUMBER GENERATOR
Random Number Generator adalah suatu algoritma yang digunakan untuk
menghasilkan urutan-urutan atau sequence dari angka-angka sebagai hasil dari
perhitungan dengan komputer yang diketahui distribusinya sehingga angka-angka
tersebut muncul secara random dan digunakan terus menerus. Dari definisi
tersebut dapat ditarik tiga pokok pengertian, yaitu sebagai berikut:
·
Urutan (Sequence)
Yang dimaksudkan dengan sequence
adalah bahwa random number tersebut harus
dapat dihasilkan secara urut dalam jumlah yang mengikuti algoritma tertentu dan
sesuai dengan distribusi yang akan terjadi atau yang dikehendaki.
·
Distribusi
(Distribution)
Pengertian distribusi berhubungan
dengan distribusi probabilitas yang dipergunakan untuk meninjau atau terlibat
langsung dalam penarikan random number tersebut.
·
Random
Random menunjukkan bahwa algoritma tersebut
akan menghasilkan suatu angka yang akan berperan dalam pemunculan angka yang
akan keluar dalam proses di komputer. Dengan kata lain suatu angka yang
diperoleh merupakan angka penentu bagi angka random berikutnya. Demikianlah
seterusnya. Tetapi walaupun angkanya berkaitan namun angka yang muncul dapat
berlainan.
·
DESKRIPSI
RANDOM NUMBER
Dalam penentuan random number pada
umumnya terdapat beberapa sumber yang dipergunakan, antara lain:
a)
Tabel Random Number
b)
Electronic Random Number
c)
Congruential Pseudo Random Number Generator
RN Generator ini yang sering digunakan pada penarikan random
number pada komputer, dengan sifat-sifatnya sebagai berikut:
1)
Independent
Pengertian independent ini berarti masing-masing komponen
atau variabel-variabelnya harus bebas dari ketentuan-ketentuan tersendiri.
2)
Uniform
Pengertian uniform disini merupakan suatu distribusi yang
umum yaitu distribusi probabilitas yang sama untuk semua besaran yang
dikeluarkan/diambil. Ini berarti probabilitasnya diusahakan sama untuk setiap
penarikan random number tersebut.
3)
Dense
Maksud dari dense disini adalah Density Probability
Distribution yang tentunya harus mengikuti syarat probabilitas yaitu terletak
antara 0 dan 1 (0≤RN≤1).
4)
Efficient
Pengertian efisinsi disini adalah dalam penarikan random
number tersebut harus dapat menentukan angka-angka untuk variabelnya yang
sesuai sehingga dapat berjalan terus menerus.
·
RN Generator ini terdiri dari tiga
bagian, yaitu:
1)
Additive (Arithmatic) Random Number Generator
2)
Multiplicative Random Number Generator
3)
Mixed Congruential Random Number Generator
Ø
PENYELESAIAN
RNG
Pada Congruential
Pseudo Random Number Generator dapat dijelaskan untuk masing-masing
formula(rumus) sebagai berikut:
·
Additive
(Arithmatic) RNG
Bentuk rumus Additive (Arithmatic) RNG
adalah:
![]() |
Keterangan:
Zi+1 = Random Number baru
Zi = Random Number semula
c =
Angka konstan bersyarat
m =
Angka modulo
Syarat-syarat dalam Additive
(Arithmatic) RNG adalah:
a) Pemilihan
nilai modulo m
Merupakan suatu angka integer yang cukup besar yang
ditentukan dari panjangnya bits dari jenis komputer.
Contoh:
·
Komputer IBM 360/370 dengan 32 bits
m=2^32-1=2^31=2147483648
·
Komputer IBM 1130/1800 dengan 16 bits
m=2^16-1=2^15=32768
·
Mikrokomputer dengan 8 bits
m=2^8-1=2^7=128
b) Pemilihan
konstanta multiplier a
Pemilihan nilai a harus bilangan ganjil dan prima. Pemilihan
terbaik adalah dengan rumus
a=2^panjangbits/2+3
Contoh:
·
Komputer IBM 360/370 dengan 32 bits
a=2^32/2+3=2^16+3=65536+3=65539
·
Komputer IBM 1130/1800 dengan 16 bits
a=2^16/2+3=2^8+3=256+3=259
·
Mikrokomputer dengan 8 bits
a=2^8/2+3=2^4+3=16+3=19
c) c berangka
ganjil jika m bernilai pangkat dua dan tidak boleh kelipatan dari m.
d) Nilai
pertama Zi harus integer, ganjil, dan cukup besar.
·
Multiplicative
RNG
Bentuk rumus Multiplicative RNG
adalah:
![]() |
Keterangan:
Zi+1 = Random Number baru
Zi = Random Number semula
m =
Angka modulo
c =
0
a,m > 1
Pemilihan tiga variabel yang
menentukan dalam Multiplicative RNG adalah:
a) Pemilihan
nilai modulo m
Merupakan suatu angka integer yang cukup besar yang
ditentukan dari panjangnya bits dari jenis komputer.
Contoh:
·
Komputer IBM 360/370 dengan 32 bits
m=2^32-1=2^31=2147483648
·
Komputer IBM 1130/1800 dengan 16 bits
m=2^16-1=2^15=32768
·
Mikrokomputer dengan 8 bits
m=2^8-1=2^7=128
b) Pemilihan
konstanta multiplier a
Pemilihan nilai a harus bilangan ganjil dan prima. Pemilihan
terbaik adalah dengan rumus
a=2^panjangbits/2+3
Contoh:
·
Komputer IBM 360/370 dengan 32 bits
a=2^32/2+3=2^16+3=65536+3=65539
·
Komputer IBM 1130/1800 dengan 16 bits
a=2^16/2+3=2^8+3=256+3=259
·
Mikrokomputer dengan 8 bits
a=2^8/2+3=2^4+3=16+3=19
c) Pemilihan
nilai Z0
Dapat diambil sembarang bilangan integer yang cukup besar dan
ganjil.
Contoh:
Bila digunakan mikrokomputer dengan 8 bits, maka m = 128, a =
19, c = 237, dan Z0 =
12357. Tentukan random number dengan Additive (Arithmatic) RNG!
Ø z1= (19x12357 +237) mod 128
z1= 234783 +237) mod 128
z1=235929 mod 128
z1=12 à R1=12/128=0.09375
dan
seterusnya untuk z2, z3,z4.....…
·
Mixed Pseudo
RNG
Bentuk rumus Mixed Congruential RNG
adalah:
![]() |
a) Rumus Pseudo
RNG ini adalah dengan syarat utama n harus sejumlah bilangan integer(bulat) dan
lebih besar dari nol. Rumus ini dikenal juga dengan nama “Linier Congruential
RNG”.
b) Ababila c =
0 maka akan diperoleh rumus yang dikenal “Multiplicative Congruential RNG”.
Rumus multiplicative ini cukup baik untuk masa-masa yang akan datangkarena
sedikit sekali storage memori yang dibutuhkan.
c) Beberapa
kondisi syarat-syaratnya sebagai berikut:
i.
c = bilangan relatif prima terhadap m
Kondisi ini mensyaratkan bahwa pembagi umum yang terbesar
dari c dan m adalah 1.
ii.
a = 1 mod q untuk setiap faktor prima q dari m
Kondisi ini mensyaratkan bahwa a-q (a/q)=1
Apabila k=a/q akan diperoleh a-qk=1 dan a = 1+qk
Dimana q adalah faktor prima dari m.
iii.
a = 1 mod 4 apabila 4 adalah suatu faktor dari m
Kondisi ini mensayaratkan bahwa a = 1 + 4k, apabila m/4
adalah integer artinya m bilangan bulat dapat dibagi 4.
DAFTAR PUSTAKA



![Rounded Rectangle: Zi+1 = anZ i+ [(a^n-1)/(a-1) c] mod m](file:///C:\Users\Novie\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image070.gif)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar