Kamis, 04 Oktober 2012


 


ketikankomputer.blogspot.com/2011/12/menulis-ayat-al-quran-di-ms-word-dengan.html


Menulis Ayat Al-Qur’an di Ms Word dengan Qur’an in Word


4:25 AM  ketikankomputer  7 comments

Mengetik bahasa Arab di Ms Word memang bisa dilakukan, namun harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu pada komputer. Cara agar bisa menulis atau mengetik arab di Ms Word akan kami posting kemudian. Masih berkaitan dengan bahasa Arab, Anda yang sering berhubungan dengan artikel-artikel keagamaan khususnya agama Islam tentunya akan sering pula menuliskan Ayat-ayat Al-Qur’an sebagai dasar hukumnya. Jikalau menulis ayat Al-Qur’an secara manual menggunakan tombol-tombol di Keyboard, maka waktu yang ditempuh akan tidak sebentar. Cara yang lebih praktis dan efisien dalam menulis Al-Qur'an di Ms Word adalah dengan menggunakan bantuan sebuah software atau bisa dikatakan plug-ins yang jika diinstall akan terintegrasi ke Ms Word anda.

 

 


 

Dengan plug-ins tersebut anda tidak perlu lagi menulis satu persatu huruf, namun bisa langsung satu ayat atau beberapa ayat bahkan dalam satu surat pun bisa. Anda juga tidak repot lagi dalam hal terjemahannya, sudah tersedia dengan fitur Arabic+translation. Satu hal lagi yang memudahkan anda, karena terintegrasi dengan Ms Word maka tidak perlu membuka program khusus lainnya, cukup dengan Ms Word saja. Setelah anda Install, maka akan terdapat Ribbon baru paling kanan yaitu Ribbon Add-Ins jika MS Word 2007 dan akan muncul menu baru paling kanan jika Ms Word 2003.

 

         

 

 

Software tersebut adalah Qur’an In Word. Jika Anda ingin mencobanya silahkan download pada link dibawah ini :

 



 

http://xclmedia.net/tips-mudah-cepat-membuat-laporan-keuangan.html


Tips Mudah dan Cepat Membuat Laporan

Keuangan dengan Excel



Oleh : Syarifuddin

Tips ini adalah cara paling mudah dan cepat jika Anda ingin membuat laporan keuangan atau laporan akuntansi secara sederhana dengan Excel. Bagi yang sudah terbiasa dengan Excel tentu akan lebih mudah memahaminya, bagi yang belum terbiasa dengan Excel, juga tidak akan sulit memahaminya, ikuti aja apa yang diuraikan di sini. Terlebih bagi yang memahami dasar-dasar akuntansi dan ditunjang dengan pengetahuan Excel yang memadai akan sangat sempurna pemahamannya.

Cara ini sebenarnya adalah jalan pintas bikin laporan keuangan dengan memotong jalur dari prosedur sistem akuntansi. Kalau membuat laporan keuangan sesuai dengan prosedur sistem akuntansi tentu sangat panjang, sedangkan Anda ingin membutuhkan laporan keuangan yang cepat. Kalau menggunakan prosedur sistem akuntansi, kita harus melakukan proses Jurnal > Buku Besar > Neraca Lajur > Laporan Keuangan (Neraca & Laba Rugi). Nah, melalui Excel dengan singkat kita potong jalur menjadi Jurnal > Laporan Keuangan.

Namun, pada pokoknya kedua prosedur tersebut menghasilkan output Laporan Keuangan yang sama. Nah kalau Anda ingin memperoleh hasil laporan keuangan yang lebih cepat gunakan prosedur ini melalui Excel. Hal ini bukan berarti membuat suatu teori baru, tapi hanya semata terkait dengan alat bantu yang dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.

Nah bagaimana caranya, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, cukup 3 (tiga) langkah berikut :

Langkah 1 : MEMBUAT DAFTAR AKUN

Buatlah daftar akun terlebih dulu sebagai sumber data untuk mengidentifikasi jurnal-jurnal yang akan kita lakukan nantinya pada sebuah form jurnal. Buatlah tabel DAFTAR AKUN pada sheet-1 dan isikan di dalamnya nomor akun, nama akun dan saldo awal akun (saldo laporan keuangan Neraca sebelumnya). Lengkapi pula kolom POS untuk tiap-tiap kelompok akun sebagai berikut :
- kelompok Aktiva : D (Debet)
- kelompok Hutang : K (Kredit)
- kelompok Ekuitas : K (Kredit)
- kelompok Harga Pokok : D (Debet)
- kelompok Pendapatan : K (Kredit)
- kelompok Biaya : D (Debet)



Jumlahkan sisi Debet dan Kredit. Jumlah kedua sisi tersebut harus dalam keadaan seimbang (balance) sesuai dengan laporan keuangan (Neraca) sebelumnya.

Langkah 2 : MEMBUAT JURNAL

Buatlah tabel JURNAL UMUM pada sheet-2 sekaligus isikan transaksi di dalamnya seperti berikut. Jurnal yang kita gunakan adalah jurnal umum. Sebaiknya kelompokkan untuk tiap transaksi berdasarkan jenis transaksi seperti penerimaan kas, pengeluaran kas, penjualan, pembelian dan memorial.



Langkah 3 : MEMBUAT LAPORAN

Buatlah tabel laporan NERACA dan LABA RUGI pada sheet-3, mirip seperti tabel Daftar Akun (lihat langkah 1) dan modifikasi bagian-bagiannya. Buatlah rumus pada kolom DEBET dan KREDIT sebagai berikut.

- Rumus-1 kolom DEBET sel D5 :

=IF(AND(C5=”D”,D$2=”DEBET”),SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!D:D)
+SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E)-SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F),0)

- Rumus-2 kolom KREDIT sel E5 :

=IF(AND(C5=”K”,E$2=”KREDIT”),SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!E:E)
+SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F)-SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E),0)

Kemudian copy rumus tersebut ke baris di bawahnya sejajar dengan baris akun (copy ke baris bertanda kotak merah).



Kemudian jumlahkan kolom DEBET / KREDIT Neraca maupun Laba Rugi.

Selisihkan antara Jumlah DEBET dan KREDIT Laba Rugi sebagai Laba Bersih, kemudian nilai Laba Bersih tersebut letakkan ke dalam Neraca sebagai Pos Laba Bersih.
Nah hasilnya secara sempurna seperti gambar berikut.



Nah selesai…..

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, silahkan download file contoh (Excel) dan artikel di atas (PDF) melalui link berikut. Cara download : Klik Kanan > pilih Save Link As atau Simpan Tautan


 

http://www.keranmedia.com/2012/03/data-tanggal-tips-micorosoft-excel.html

 

 

 

 



Dengan menggunakan Microsoft Excel, semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data bisa kita lakukan dengan cepat dan mudah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan program
Microsoft Excel untuk pengolahan Data Tanggal, misalnya mencari nama hari, mengganti format tanggal, memisahkan hari, bulan dan tahun, dan masih banyak lagi bentuk pengolahan data lainnya.

Data Tanggal dikenal oleh excel sebagai satuan dasar dalam hari yang setiap hari diwakili oleh nilai "1". Nilai seri 1 sebagai tanggal dasar
Microsoft Excel adalah 1 Januari 1900 yang jatuh pada hari minggu.

Misalnya Anda memasukkan tanggal 12 Maret 2012 ke dalam suatu sel dalam format Teks, maka
Microsoft excel akan menampilkan nilai seri 40.980. Artinya adalah tanggal 12 Maret 2012 merupakan hari ke 40.980 yang dihitung sejak 1 januari 1900.

Tapi untuk bisa menggunakannya untuk pengolahan data (data tanggal) secara maksimal kita harus tahu dan mengerti tentang penggunaan fungsi atau rumus yang digunakan. Nah, berikut ini adalah
7 Cara Yang Sering Digunakan Pada Pengolahan Data Tanggal di Microsoft Excel :

  1. Mengatur atau Mengganti Format Tanggal
    Untuk bisa mengatur atau mengganti format tanggal, bisa dilakukkan pada Dialog Box Format Cell pilih tab Number kemudian pilih Category Date. Cara membuka Dialog Box Format Cell bisa dilakukkan dengan : lihat pada Ribbon Home >> Number Group, kemudian klik pada Dialog Box Launche atau dengan cara klik kanan pada data tanggal yang mau dirubah atau diganti formatnya kemudian pilih Format Cell.
  2. Menggabungkan Penulisan Tanggal dari Data Tanggal (Tanggal, Bulan dan Tahun) Yang ditulis Secara Terpisah.
    Bentuk Fungsi yang digunakan adalah =DATE(year;month;day). Misalnya atas keperluan pengolahan data Anda menuliskan tanggal, bulan dan tahun secara terpisah yaitu pada sel A2 berisi data tanggal saja yaitu 12, pada sel B2 berisi data bulan saja yaitu 03 dan pada sel C2 berisi data tahun saja yaitu 2012 maka untuk menggabungkan penulisan nya menjadi bentuk tanggal yang utuh (misalnya pada sel D2) ketikkan fungsi atau rumus =DATE(C2;B2;A2) pada sel D2 dan akan menghasilkan 12 Maret 2012.
  3. Mencari atau Menampilkan Nilai Seri atau Format Text
    Bentuk Fungsi yang digunakan adalah =DATEVALUE(date_text). Maksud dari Nilai seri adalah seperti yang dijelaskan diatas yaitu misalnya pada sel A2 berisi data tanggal 12 Maret 2012 maka dengan mengetikkan fungsi =DATEVALUE(A2) akan menghasilkan 40.980. Cara ini bisa juga Anda lakukan dengan langsung mengganti Format Datanya yaitu dengan mengganti Format Date menjadi Format Text.
  4. Mencari atau Menampilkan Nilai Tanggal Saja
    Yaitu menggunakan Fungsi =DAY(serial_number). Dengan menggunakan contoh pada Angka 3 maka penggunaan fungsi =DAY(A2) akan menghasilkan 12.
  5. Mencari atau Menampilkan Nilai Bulan Saja
    Yaitu dengan menggunakan Fungsi =MONTH(serial_number). Dari contoh pada angka 3, misalnya kita akan mengambil bulan nya saja maka fungsinya adalah =MONTH(A2) dan akan menghasilkan 3.
  6. Mencari atau Menampilkan Nilai Tahun Saja
    Yaitu dengan menggunakan Fungsi =YEAR(serial_number). Misalnya kita terapkan di contoh pada angka 3 yaitu dengan menuliskan fungsi =YEAR(A2) akan menghasilkan 2012.
  7. Mencari atau Menampilkan Nama Hari dan Nama Bulan
    Fungsi yang digunakan adalah =TEXT(value;format_text). Format text untuk menampilkan nama hari adalah "DDDD" dan untuk menampilkan Nama Bulan adalah "MMMM". Contoh penggunaannya misalnya dari contoh pada angka 3, untuk menampilkan nama hari, penulisan fungsinya adalah =TEXT(A2;"DDDD") akan menghasilkan nama hari yaitu Senin dan untuk menampilkan Nama Bulan saja ketikkan fungsi =TEXT(A2;"MMMM") dan akan menghasilkan nama bulan yaitu Maret.

 

http://excelwordppt.info/microsoft-excel/fungsi-rumus-excel/



Pengenalan Beberapa Fungsi Atau Rumus Microsoft Excel


Posted: August 11th, 2011 | Author: jrliem | Filed under: Microsoft Excel | Tags: Fungsi DATE, fungsi if, Fungsi RANK, Fungsi TIME, Fungsi VLOOKUP, rumus Excel

Microsoft Excel sangat berguna untuk mengolah data. Pengolahan data bisa dilakukan dengan memakai rumus Excel yang relevan. Rumus Excel atau fungsi microsoft Excel adalah persamaan yang dapat melakukan perhitungan, meminta kembali informasi, memanipulasi isi sel lain, melakukan kondisi pengujian, dan banyak lagi.  Pengetikan rumus Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

Sebuah rumus Excel dapat mengandung fungsi, operasi matematika, dan konstanta. Fungsi adalah rumus Excel atau formula yang merupakan  bawaan dari Microsoft Excel. Kita akan melihat beberapa fungsi microsoft Excel yang paling sering dipakai.

Rumus Excel VLOOKUP


Syntax dari fungsi microsoft excel ini adalah : VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Rumus Excel VLOOKUP dipakai untuk mencari nilai dalam kolom pertama dari tabel dan mengembalikan nilai dalam baris yang sama dari kolom lain dalam tabel. Supaya lebih jelas, kita pakai fungsi Microsoft Excel VLOOKUP dalam contoh berikut.

Toko Saribusana memiliki tabel Daftar Barang sbb. :



Kemudian, saya diminta membuat tabel hasil penjualan bulan Juli 2011 seperti berikut :


Untuk mengisi kolom Keterangan, saya akan ambil dari Daftar Barang Toko Saribusana berdasarkan Kode yang ada, maka rumus Excel nya adalah


=VLOOKUP(B12,$B$3:$E$6,2,FALSE)

B12 : Kode Barang di B12 adalah acuan yang dipakai untuk mengambil data di tabel Daftar Barang.

$B$3:$E$6 : range tabel yang akan kita ambil datanya, dalam hal ini adalah tabel Daftar Barang tanpa mengikutsertakan judul kolom. Dan,  jangan lupa gunakan $ sebab range tabel adalah absolut.

2 : kolom ke-2 yaitu kolom Keterangan di range tabel adalah kolom yang akan kita ambil datanya. Kolom ke-1 selalu dimulai dari kolom paling kiri.

Singkatnya, kita menyuruh Excel melihat Kode di cel B12 lalu cari di range tabel Daftar Barang sesuai Kode yang sama, setelah itu ambil nilai di kolom Keterangannya dan isikan di tabel Hasil Penjualan. Hasilnya :



Demikian juga untuk mengisi kolom Harga Penjualan di cel E12, dengan memperhatikan bahwa Harga Penjualan = Harga Pokok * (1+Markup), maka , rumus Excel nya adalah

=VLOOKUP(B12,$B$3:$E$6,3,FALSE)*(1+VLOOKUP(B12,$B$3:$E$6,4,FALSE))

Di fungsi Microsoft Excel tersebut, kita menyuruh Excel melihat Kode di B12 lalu cari kode yang sama di tabel Daftar Barang, setelah itu ambil Harga Pokoknya dan kalikan Harga Pokok dengan (1+Markup). Nilai Markup diambil dengan cara yang sama dengan cara mengambil nilai Harga Pokok. Maka kita mendapatkan Harga Penjualan untuk Kode di B12.

Oke, silakan mencoba dulu dan mengutak atik fungsi Microsoft Excel VLOOKUP. Semoga mengerti.

Oh, ya, V di VLOOKUP singkatan dari vertikal. Penggunaan VLOOKUP (bukan HLOOKUP) ketika nilai-nilai acuan Anda berada dalam kolom di sebelah kiri tabel data dan Anda mengambil data lain di sebelah kanannya. Gunakan fungsi microsoft excel HLOOKUP ketika nilai-nilai acuan Anda berada dalam baris di sebelah atas tabel data dan Anda ingin mengambil data-data di baris bawahnya.

Rumus Excel IF


Syntax dari fungsi microsoft excel ini adalah : IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Maka dengan menggunakan fungsi microsoft excel IF, kita memberikan :

  • suatu kondisi kepada Excel, lalu
  • jika kondisi itu terpenuhi maka lakukan A,
  • jika tidak terpenuhi maka lakukan B.

Oke, kita coba dalam kasus yang sama yaitu Toko Saribusana. Kembali saya diminta menambahkan sebuah kolom di Tabel Penjualan bulan Juli 2011 yang menunjukkan status barang. Jika penjualan barang lebih dari 500 unit berarti Barang Laku, jika penjualan diantara 300 dan 500 maka Cukup Laku, dan di bawah 300 berarti Ga Laku.



Rumus excel di sel G12 adalah

=IF(D12>300,IF(D12>500,”Laku Keras”,”Kurang Laku”),”Ga Laku”)

Saya meminta Excel untuk mengecek :

  • Apakah unit terjual di D12 lebih dari 300  =IF(D12>300
  • Jika ya maka cek lagi apakah D12 lebih dari 500, IF(D12>500
  • Jika ya maka Laku Keras, “Laku Keras”
  • jika tidak maka Kurang Laku.  “Kurang Laku”
  • jika tidak berarti barang Ga Laku. “Ga Laku”

Di atas terlihat bahwa terjadi dua kali pengecekan, atau saya memakai 2 kali rumus excel IF. Fungsi If kedua berada di dalam fungsi If pertama. Fungsi IF dapat dipakai di dalam fungsi IF lainnya, jangan lupa fungsi IF di dalam tidak memakai tanda sama dengan [=] lagi.

Sekarang kita akan mencoba fungsi microsoft excel yang berhubungan dengan tanggal.

Fungsi Microsoft Excel Date and Time


Kedua fungsi microsoft excel ini sering juga dipakai dalam mengolah data di Excel.



Langsung saja, di atas adalah tabel Daftar Siswa Tercepat dalam Ujian IPA dari tiap kelas. Petugas administrasi memasukkan data tanggal, bulan, tahun dalam kolom-kolom terpisah supaya lebih cepat dan mudah. Nah, tugas saya mencari siapa yang tercepat dari kelima kontestan tersebut.

Pertama, saya satukan dulu tanggal, bulan dan tahun menjadi satu di sel C12 dengan fungsi microsoft excel :

=DATE(E3,D3,C3)

Fungsi microsoft excel ini mengambil data di sel E3,D3,C3 dan menjadikannya tanggal.

Lalu satukan juga jam, menit, dan detik tiap siswa di sel D12 dengan rumus :

=TIME(F3,G3,H3)

Rumus ini mengambil data di sel E3,D3,C3 dan menjadikannya waktu, untuk format time yang Anda ingini, ubah dalam menu Format Cells (klik kanan di sel, pilih Format Cells, pilih Time, pilih format yang Anda mau).

Baru saya cari siswa tercepat di sel E12 dengan fungsi microsoft excel :

=RANK(D12,$D$12:$D$16,1)

Fungsi Rank mencari urutan dalam suatu range, lalu Anda bisa pilih mau Ascending atau Descending.  Hasilnya adalah tabel berikut, selamat buat Cassey, kamu tercepat!




 

http://support.microsoft.com/kb/923505#top

 

Cara menginstal Paket Kompatibilitas Microsoft Office sehingga Anda dapat membuka dan menyimpan format Office Open XML di versi sebelumnya dari Microsoft Office
ID Artikel: 923.505 - Lihat produk di mana artikel ini berlaku.
Pada Halaman ini
Ringkasan
Microsoft telah menambahkan Kantor Format Open XML baru untuk Office 2007 program berikut Microsoft dan 2010 Microsoft Office program:

    Microsoft Office Excel
    Microsoft Office PowerPoint
    Microsoft Office Word

Sebuah paket kompatibilitas tersedia untuk memastikan bahwa Anda dapat membuka dan menyimpan format Office Open XML dalam versi sebelumnya dari Microsoft Office.

Anda dapat menginstal paket kompatibilitas pada komputer yang menjalankan Microsoft Office 2003 program, Microsoft Office XP program, atau program Microsoft Office 2000. Ketika Anda menginstal paket kompatibilitas, Anda dapat membuka, mengedit, menyimpan, dan membuat file dalam format Office Open XML yang kuat.

Artikel ini ditujukan untuk pemula sampai menengah komputer user.You mungkin akan lebih mudah mengikuti langkah-langkah jika Anda mencetak artikel ini terlebih dahulu.
Kembali ke atas
Cara menginstal Paket Kompatibilitas
Untuk menginstal Paket Kompatibilitas pada Office XP atau Office 2003, Office pembaruan, dan kemudian instal Paket Kompatibilitas.

Jika Anda menjalankan Office 2000, tidak ada pembaruan yang harus diinstal sebelum Anda menginstal Paket Kompatibilitas. Anda dapat melewatkan langkah 1 dan lanjutkan ke langkah 2.
Langkah 1: Kunjungan Microsoft Update
Windows Vista atau Windows 7

    Klik tombol Start, klik All Programs, kemudian klik Windows Update.
    Pembaruan Microsoft akan memindai komputer untuk menentukan apakah Microsoft Windows dan program Microsoft lainnya yang up to date.
    Jika Windows atau program Microsoft pada komputer yang tidak up to date, Anda akan diminta untuk menginstal update terbaru. Klik Install.

    User Account Control izin
    Anda mungkin akan diminta untuk sandi administrator atau untuk konfirmasi. Ketik sandi, atau klik Lanjutkan.

Windows XP

    Kunjungi situs Web Microsoft berikut Update:
    http://update.microsoft.com/microsoftupdate/v6/default.aspx?ln=en-us
    Klik Express. Pembaruan Microsoft akan memindai komputer untuk menentukan apakah Windows dan program Microsoft lainnya yang up to date.
    Jika Windows atau program Microsoft pada komputer yang tidak up to date, Anda akan diminta untuk menginstal update terbaru. Klik Install Updates.

Kembali ke atas
Langkah 2: Download Paket Kompatibilitas

    Kunjungi situs Microsoft berikut:
    http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?familyid=941b3470-3ae9-4aee-8f43-c6bb74cd1466
    Setelah Paket Kompatibilitas Microsoft Office untuk Word, Excel, dan PowerPoint 2007 File Format halaman Web terbuka, klik Download.

Langkah 3: Instal Paket Kompatibilitas
Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah berikut, yang sesuai untuk versi Windows yang Anda jalankan.
Windows Vista

    Klik Run.

    User Account Control izin
    Anda mungkin akan diminta untuk sandi administrator atau untuk konfirmasi. Ketik sandi, atau klik Lanjutkan.
    Klik Jalankan saat Anda diminta untuk menjalankan perangkat lunak.
    Klik untuk memilih Klik di sini untuk menerima Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft kotak centang, dan kemudian klik Lanjutkan.
    Klik OK.

    User Account Control izin
    Anda mungkin akan diminta untuk sandi administrator atau untuk konfirmasi. Ketik sandi, atau klik Lanjutkan.
    Ketika Paket Kompatibilitas diinstal, klik OK.

Windows XP

    Klik Jalankan dua kali.
    Klik untuk memilih Klik di sini untuk menerima Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft kotak centang, dan kemudian klik Lanjutkan.
    Klik OK.
    Ketika Paket Kompatibilitas diinstal, klik OK.

Langkah 4: Kunjungan Microsoft Update lagi
Untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki semua pembaruan terbaru untuk Paket Kompatibilitas, vist Pembaruan Microsoft situs Web lagi:
http://update.microsoft.com/microsoftupdate/v6/default.aspx?ln=en-us
Pembaruan Microsoft akan memindai komputer untuk menentukan apakah Microsoft Windows dan program Microsoft lainnya yang up to date. Jika Windows atau program Microsoft pada komputer yang up to date, Anda tidak akan diminta untuk menginstal update terbaru.
Kembali ke atas
Bagaimana untuk memastikan bahwa Anda tidak menginstal Paket Kompatibilitas
Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah berikut, yang sesuai untuk versi Windows yang Anda jalankan.
Windows Vista atau Windows 7

    Klik Start
    Tombol Start
    .
    Pada kotak Mulai Pencarian, ketik appwiz.cpl, kemudian tekan ENTER.
    Dalam program yang saat ini diinstal dan daftar update, memverifikasi bahwa "Paket Kompatibilitas untuk sistem Office 2007" terdaftar.

Windows XP

    Klik Mulai, klik Jalankan, ketik appwiz.cpl di kotak Buka, kemudian klik OK.
    Dalam program yang saat ini diinstal dan daftar update, memverifikasi bahwa "Paket Kompatibilitas untuk sistem Office 2007" terdaftar.

Kembali ke atas
Similar masalah dan solusi
Anda mungkin mengalami masalah jika komputer tidak sepenuhnya diperbarui sehingga kompatibel dengan Office Open XML Format dan dengan perubahan yang dibuat untuk program Office setelah Anda menginstal Paket Kompatibilitas. Untuk informasi lebih lanjut tentang masalah ini, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel di Pangkalan Pengetahuan Microsoft:
924.074 Bagaimana membuka dan menyimpan Word, Excel, dan PowerPoint 2007 atau 2010 file dalam versi sebelumnya dari program Office

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

http://artikelkomputerku.blogspot.com/2008/11/referensi-untuk-mendownload-buku-e-book.html


 


Senin, November 10, 2008


Referensi untuk download buku (ebook) komputer, majalah, software gratis


Referensi untuk mendownload buku (e-book) komputer, majalah, software gratisan.

1.Jika anda tertarik dengan buku-buku teks akademik (Umumnya berbahasa Inggris)
Situs ini merupakan perpustakaan digital,klik link berikut:
free text books

2. Gudang ilmu tentang artikel dan tutorial komputer silahkan kunjungi:
belajar ilmu komputer
di sini sangat banyak informasi tentang komputer.

3. Arsip tulisan Onno W. Purbo, silahkan kunjungi, jika anda mendownload seluruh isi tulisan ukurannya sekitar 1,6 Giga byte

Bahan belajar komputer atau link berikut:
Referensi belajar komputer

4.Jika anda tertarik dengan e-book komputer, trailer film terbaru dan banyak lagi software freware silahkan ke situs:
http://www.indowebster.com
(Untuk mendapatkan akses lebih banyak silahkan registrasi dulu nanti anda akan memperoleh email balasan dari admin indowebster, gunakan password dan user login dari email admin tsb untuk login) di sini bayak e-book komputer berbahasa Indonesia

5. Jika ingin mendownload software freeware, portable software, update antivirus,atau driver..... silahkan ke situs berikut:
http://www.majorgeeks.com

6. Arsip majalah ponsel,komputer dan produk elektronik terbaru
majalah teknologi

7. Arsip Majalah Neotek tentang trik hacking
Trik Hacking , atau
Teknik hacking

8. Majalah XCode Magazine, berisi info tentang tip dan trik hacking dan security
teknik hacking

9. Anda bisa mendownload ebook yang bertemakan islami di Download ebook islami

10. Download ebook bisnis online dari forum kaskus
(Sebagian linknya dibuat menggunakan tanda asterik / bintang, seperti:
http://rapid*share.com/blababla.rar , agar bisa didownload harus diubah menjadi
http://rapidshare.com/blababla.rar).
Anda bisa mendownloadnya disini ebook bisnis online

11. Untuk mendownload ebook novel dan buku umum berbahasa indonesia di kaskus bisa gunakan link berikut:
Anda bisa mendownloadnya disini novel dan buku umum berbahasa indonesia

12. Buat anda penggemar kucing dan senang menghiasi desktop komputer anda dengan wallpaper gambar kucing, untuk mendownloadnya bisa gunakan link berikut:
Anda bisa mendownloadnya Cats wallpaper

Beberapa referensi lainnya untuk download ebook gratis bisa dilihat dengan menggunakan link di bawah ini:

1. Download buku sekolah elektronik depdiknas
2. Download skripsi gratis,thesis ,disertasi,jurnal ilmiah dan makalah gratis
3. cara download file di indowebster versi baru
4. Download Prediksi UN 2009 dan arsip UN 1986-2008
5. Cara download file di ziddu
6. Buku Pedoman Bimbangan Orang tua dan Pendidik bagi anak di dunia maya
7. Wikipedia berbahasa Indonesia (referensi gratis)
8. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
9. Menggunakan Google Translate sebagai penerjemah situs asing
10. Download lagu We will not go down (Song for Gaza)
11. Download peta provinsi (peta dinding gratis)
12. Download UUD 1945 dan produk hukum Indonesia lainnya
13. Download buku panduan corel draw (tutorial corel draw gratis)
14. Download tutorial Photoshop (buku panduan photoshop gratis)
15. Download buku panduan word 2007 gratis
16. Download buku panduan powerpoint 2007 gratis
17. Download buku panduan excel 2007
18. Download ebook di google buku menggunakan google book downloader portable
19. Cara instal Google book downloader userscript di firefox
20. Cara instal greasemonkey di firefox untuk download ebook google book
21. Cara download buku di google book menggunakan Google Book Downloader
22. Download ebook di google books menggunakan cache internet explorer
23. Menggunakan Google Cendekia untuk mencari makalah, buku, naskah ilmiah
24. Cara memasang widget google scholar di blog
25. Situs layanan deteksi wajah yang sama
26. Website baca komik online bahasa Indonesia gratis
27. Membandingkan data statistik menggunakan wolframalpha
28. Belajar tentang Indonesia dan dunia menggunakan wolframalpha

 


 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel

 

Microsoft Excel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Langsung ke: navigasi, cari


Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia
Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini.

 

Microsoft Excel (Windows)


Spreadsheet kosong Microsoft Excel 2007 yang dijalankan di
Windows Vista.
Rilis stabil
14.0.4762.1000 (Excel 14) / 2010
Jenis

 

Microsoft Excel (Mac OS X)

Spreadsheet Microsoft Excel 2004 dijalankan di
Mac OS X 10.5.
Rilis stabil
2004 v11.3.7 / 8 Mei, 2007
Rilis pratayang
2008 v12.x

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Sejarah

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Versi

Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel

Format berkas

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.

Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.

Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:

  1. WK1 (1-2-3)
  2. WK4 (1-2-3)
  3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  4. WKS (1-2-3)
  5. WK3 (1-2-3)
  6. WK1 FMT(1-2-3)
  7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
  8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  9. DBF 2 (dBASE II)
  10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
  11. WK3,FM3(1-2-3)
  12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
  13. WK1, ALL(1-2-3)
  14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
  15. WKS (Works Japanese) (.wks)

Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:

  1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
  2. Microsoft Excel 2.1 Macro
  3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
  4. Microsoft Excel 3.0 Macro
  5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
  6. Microsoft Excel 4.0 Macro
  7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
  9. DBF 3 (dBASE III)
  10. DBF 4 (dBASE IV)

Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:

  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

Tahun
Versi Excel
Excel 1.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.0 for Windows
Tidak ada Microsoft Office
Excel 1.5
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 5.0
Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit)
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
Excel 5.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
Excel 97 (Excel 8)
Microsoft Office 97
Excel 8.0
Apple Macintosh
Microsoft Office '98 for Macintosh
Excel 2000 (Excel 9)
Microsoft Office 2000
Excel 9.0
Apple Macintosh
Microsoft Office 2001 for Macintosh
Excel 2002 (Excel 10)
Microsoft Office XP
Excel 10.0
Microsoft Office v. X
Excel 2003 (Excel 11)
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2003
Excel 11.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office 2004 for Macintosh
Excel 2007 (Excel 12)
Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008.
Microsoft Office System 2007
Excel 2010 (Excel 14)
Microsoft Office 2010
 
Artikel bertopik perangkat lunak ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • Halaman ini terakhir diubah pada 10.01, 23 September 2012.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar